14 Cara Mencegah Virus Corona Yang Efektif

Written by Iggy on July 7, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

“Buatlah kegiatan yang menyenangkan yang mungkin bisa dilakukan saat isolasi mandiri.” Covid-19 bisa menjadi penyakit yang memberatkan tubuh dan butuh waktu bagi tubuh untuk pulih sepenuhnya. Meski dinyatakan bebas dari virus Corona, pasien tetap harus menindaklanjuti pengobatan. Segera cari perawatan medis jika penyakit Anda memburuk, misalkan jika Anda kesulitan bernapas. Hubungi dulu dokter yang bersangkutan dan beri tahu mereka gejala Anda.

Sakit kepala yang dirasakan akan bersamaan dengan suhu tubuh yang tinggi karena demam. Cara penularan utama penyakit ini adalah melalui tetesan kecil yang dikeluarkan pada saat seseorang batuk atau bersin. Saat ini WHO menilai bahwa risiko penularan dari seseorang yang tidak bergejala COVID-19 sama sekali sangat kecil kemungkinannya.

Langkah tepat jika terkena Covid

Maka itu, tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus dan penyakit. Tidak hanya berisiko terhadap COVID-19, tetapi sistem kekebalan yang rendah juga menyebabkan gejala semakin parah. Selain itu, menjaga kebersihan ketika berkunjung ke pasar hewan dan mencegah kontak dengan hewan liar tanpa pengaman pun sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan sampai saat ini para ahli belum mengetahui dengan pasti bagaimana penularan virus tersebut, sehingga disarankan untuk tetap berhati-hati. Ingat, etika batuk dan penggunaan masker saat sakit menjadi salah satu kunci penting dalam cara mencegah COVID-19.

Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien Covid-19. Jika Anda curiga seseorang terinfeksi COVID-19, mintalah orang tersebut untuk berdiam di rumah dan mengisolasi diri dari anggota keluarga mereka sebisa mungkin. Anda juga harus menghubungi fasilitas kesehatan setempat dan mengikuti saran yang diberikan.

Saat Anda pergi ke fasilitas kesehatan, kenakan masker jika memungkinkan, jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain, dan jangan menyentuh permukaan benda dengan tangan Anda. Cara terbaik untuk melindungi diri dari COVID-19 adalah dengan sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau bila tidak tersedia, cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60%). Dengan melakukan ini, Anda menghilangkan virus yang mungkin ada di tangan Anda dan menghindari infeksi yang dapat terjadi karena menyentuh mata, mulut, dan hidung Anda. Sampai saat ini, belum ada obat khusus yang disarankan untuk mencegah atau mengobati penyakit yang disebabkan virus corona baru (COVID-19).

Seseorang yang merencanakan perjalanan ke luar negeri harus selalu memeriksa nasihat perjalanan untuk negara tujuan termasuk pembatasan-pembatasan memasuki wilayah, syarat karantina saat masuk atau nasihat perjalan lainnya. Setelah digunakan, lepas masker, lepas tali elastis dari daun telinga sambil tetap menjauhkan masker dari wajah dan pakaian, untuk menghindari permukaan masker yang mungkin terkontaminasi. Untuk pemeriksaan Covid-19, warga yang merasakan gejalanya bisa konsultasi ke dokter di Puskesmas atau faskses terdekat sesuai BPJS Kesehatan untuk diperiksa. Dokter tersebut yang akan memutuskan apakah Anda terjangkit Corona atau tidak sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan Pemerintah yang menangani Covid-19. Jika gejala yang dialami menyerupai gejala Covid-19 pada umumnya, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke Dokter di puskesmas atau faskes terdekat sesuai BPJS Kesehatan.

Comments are closed.