Ada Mutasi Virus Corona, Apakah Vaksin Covid

Written by Iggy on June 22, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Kalau ternyata hasilnya tidak efektif maka BPOM tidak akan mengeluarkan izin edar ke masyarakat,”paparnya. “Pada uji klinik fase three di Bandung, data imunogenisitas menunjukkan hasil yang baik. Sampai 3 bulan jumlah subjek yang memiliki antibody masih tinggi yaitu sebesar ninety nine,23%,” jelasnya. Serbia, salah satu negara bekas Yugoslavia dengan populasi 7 juta orang juga ngebut dengan program vaksinasi massal. Kuotanya mencapai 22 per a hundred orang (posisi 4/3/21) Menteri kesehatan Serbia, Zlatibor Loncar secara simbolis mendapat vaksinasi anti Covid-19 buatan Sinopharm, Cina di Beograd akhir Januari silam. Ketika hasil studi itu dirilis, BioNTech dan Pfizer mengatakan tidak dibutuhkan vaksin baru untuk melawan mutasi virus corona yang pertama kali ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan.

Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini maka mungkin saja nilai cut off efektivitas ini tidak begitu tinggi. Tujuannya agar segera ada vaksin di dunia walaupun mungkin efektivitasnya belum ideal sekali. Walaupun demikian, tentunya tidak semua kelompok lansia ‘boleh’ menerima Vaksin Sinovac.

Vaksin COVID-19 diharapkan menjadi penentu dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini, dan seluruh negara di dunia sedang melakukan upaya yang sama. Ada kemungkinan khasiat vaksin COVID-19 menyamai efektivitas dalam uji klinis. Ketidaksesuaian ini terjadi karena orang yang mengikuti uji klinis bukanlah cerminan sempurna dari populasi dunia. Artinya, di dunia nyata ada orang yang memiliki sejumlah masalah kesehatan kronis yang dapat mengganggu kinerja vaksin. Vaksin Pfizer sudah terbukti efektif dan aman untuk diberikan pada remaja berusia 12 tahun keatas dan telah mendapatkan izin penggunaan darurat untuk remaja di Amerika Serikat. Dalam beberapa waktu terakhir ini, kita dengar berbagai pimpinan perusahaan produsen vaksin mengumumkan bahwa vaksin mereka sekian persen efektif, berdasar knowledge sementara dari hasil uji klinik fase tiga yang masih berjalan.

FDA telah mengesahkan tiga vaksin COVID-19 untuk penggunaan darurat di Amerika Serikat. Berbagai upaya Pemerintah telah dan akan terus dilakukan untuk percepatan penanganan pandemi COVID-19 ini. Salah satu upaya pemerintah yang saat ini akan segera digulirkan adalah program vaksinasi COVID-19.

Sejauh ini Vaksin Sputnik V telah didaftarkan di beberapa negara di dunia seperti Brasil, India, dan Belarus. Kendati demikian, Amin Soebandrio mengatakan, belum ada penelitian yang menyebutkan vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan tak mampu melawan virus. “Jadi vaksin-vaksin yang sekarang beredar itu dianggap masih efektif untuk varian ini,” pungkasnya. Selain keamanan dan efektivitas, masyarakat pun khawatir dengan proses pengadaan vaksin yang dipercepat. Soal ini, Sudjatmiko menjelaskan, “Yang dimaksud bukanlah mempercepat tahapan pemeriksaan laboratorium, tetapi efesiensi administrasi dan operasional.”

Apa vaksin covid efektif

Stok vaksin Coronavac di Chile sejauh ini dilaporkan menipis, dengan total pasokan yang disepakati mencapai sebesar 14,2 juta dan akan dikirimkan sepenuhnya pada akhir Mei mendatang. Yanez mengatakan tengah merundingkan tambahan empat juta dosis vaksin dan untuk saat ini. Vaksin yang dipilih untuk termin pertama adalah vaksin produksi PT Bio Farma dengan Sinovac Biotech, China. Untuk termin 1, pemerintah telah menyiapkan 1,2 juta dosis vaksin yang akan disitribusikan ke 14 provinsi prioritas di mana kasus Covid-19 membludak.

Comments are closed.