Apakah Vaksin Covid

Written by Iggy on July 24, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Mengenai vaksin, Haedar menyatakan bahwa vaksin merupakan keniscayaan sebagai bagian dari usaha menghadapi Covid-19. Seraya meminta Menkes dan pemerintah seksama khususnya yang menyangkut keamanan dan kehalalan, disertai keterbukaan. “Di situasi saat ini kami ingin bekerjasama dengan Kemenkes dan memastikan bahwa usaha di bidang kesehatan dalam menghadapi pandemi ini dibutuhkan Kerjasama dan kita dapat mengatasi persoalan ini dengan sebaik baiknya,” jelas Haedar. Vaksin trivalent mengandung 2 tipe virus influenza A dan 1 tipe virus influenza B. Sementara vaksin influenza jenis quadrivalent mengandung 2 tipe virus influenza A dan 2 tipe virus influenza B. DikutipPikiran-Rakyat.com dari The Guardian, Profesor David Nabarro dari Imperial College menyebut vaksin belum tentu bisa melindungi kita dari COVID-19.

Sehingga saat ini terdapat enam kasus konfirmasi positif COVID-19, setelah sebelumnya (1/3) sudah ditemukan dua kasus positif COVID-19 dengan varian virus B117 yang merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Vaksin terdiri dari sejumlah bahan kimia yang tidak bisa mentransmisikan gelombang radio dari jarak pendek. Ia pun meminta agar semua pihak sama-sama belajar untuk tidak langsung menyebar berita maupun informasi yang sumbernya tidak kredibel. Keputusan untuk mendaftarkan vaksin China untuk penggunaan darurat diharapkan memberikan dorongan substansial untuk skema tersebut, yang telah berjuang dengan masalah pasokan, seperti dikutip dari situs BBC pada Rabu, 2 Juni 2021.

Vaksin dapat menangani Covid

Antara September 2020 sampai Maret 2021, kasus kematian akibat covid-19 terus turun dari 1.000 korban jiwa per hari menjadi 100 korban jiwa per hari. Vaksin lain yang telah disepakati pemerintah untuk program vaksinasi diterima dalam bentuk vaksin jadi siap disuntik. Sayangnya, kehadiran vaksin dalam upaya memberantas penyakit yang ditimbulkan oleh virus SARS-CoV-2 itu, tidak sepenuhnya disambut dengan baik oleh sebagian kelompok masyarakat. Masyarakat diingatkan jika mendengar berita negative tentang vaksinasi agar tidak terprovokasi, namun cari dulu sumber yang benar dan terpercaya. Jika tidak puas, tanyalah pada tenaga kesehatan, jangan telan mentah-mentah berita yang diterima,” tegasnya mengimbau masyarakat Kutai Barat.

Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19. Namun, sebagian masyarakat Indonesia mungkin masih belum memahami dan masih bertanya-tanya mengenai efektivitas vaksin dan bagaimana proses pengembangan vaksin sebelum akhirnya dapat digunakan. Vaksin biasanya berisi mikroorganisme, misalnya virus atau bakteri, yang sudah mati atau masih hidup tetapi dilemahkan. Vaksin juga bisa berisi bagian dari mikroorganisme yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk mengenali mikroorganisme tersebut.

Namun, memproduksi vaksin jenis ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai virus tersebut, salah satunya adalah sekuens materi genetik virus. Perusahaan farmasi asal Prancis Sanofi menggunakan metode ini untuk membuat vaksin Covid-19. Berbagai negara dan organisasi bekerja sama melalui skema COVAX yang diinisiasi oleh WHO dan aliansi vaksin dunia untuk berinvestasi dalam pengembangan kapasitas produksi dan distribusi. Selama fase II dan III, sukarelawan dan ilmuwan yang mengadakan studi melakukan “blinding”. Mereka tidak tidak diberitahu, mana sukarelawan yang mendapatkan vaksin dan yang mendapatkan produk pembanding atau plasebo. Setelah pengujian selesai, ilmuwan dan sukarelawan baru diberitahu, siapa yang menerima vaksin, siapa yang menerima produk pembanding atau plasebo.

Dalam penelitian itu, para ilmuwan mengatakan suntikan mereka 67 persen efektif melindungi orang dari penyakit Covid-19, dan hampir one hundred persen efektif dalam melindungi mereka dari penyakit parah yang harus dirawat inap. Ia menyampaikan bahwa Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan akan ada 2 jalur kerjasama dalam mengadakan kandidat vaksin Covid-19. Yaitu hasil kerjasama bilateral/multilateral dan pengembangan vaksin Merah Putih. Untuk vaksin Merah Putih merupakan hasil kerjasama perguruan tinggi dan lembaga penelitian yang ada di Indonesia.

Dengan begitu, tubuh kita bisa dengan cepat mengenali suatu penyakit dan melawannya sebelum kita menderita sakit berat. Meski bergejala mirip dengan flu biasa, COVID-19 sampai saat ini memiliki fatalitas lebih tinggi. Virus ini juga menyebar dengan sangat cepat karena bisa pindah dari orang ke orang bahkan sebelum orang tersebut menunjukkan gejala.

Target kami adalah memastikan total 2 miliar dosis siap diberikan pada akhir 2021. Dosis vaksin dialokasikan kepada negara-negara yang berpartisipasi dalam COVAX Facility; alokasi dilakukan secara proporsional terhadap complete populasi negara. Ya, seseorang yang pernah tertular COVID-19 tetap perlu mendapatkan vaksin untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

Kebanyakan vaksin dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara suntikan, tetapi ada pula yang diberikan melalui mulut , maupun semprotan ke hidung. Selain itu, terdapat pula istilah imunisasi yang berarti reaksi dari tubuh setelah mendapatkan vaksin. Sebab, pemerintah beberapa waktu lalu telah menetapkan vaksin virus corona yang diproduksi enam lembaga berbeda untuk program vaksinasi di Indonesia mendatang. Bila diberikan kepada seseorang, vaksin akan menimbulkan reaksi sistem imun yang spesifik dan aktif terhadap penyakit tertentu, misalnya vaksin flu untuk mencegah penyakit flu dan vaksin COVID-19 untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2. Meski demikian, hingga saat ini, efektivitas dan keamanan vaksin COVID-19 masih diteliti dalam tahap uji klinis oleh pemerintah dan berbagai lembaga terkait.

penelitian menyebutkan bahwa minimal 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin. Ini tidak mudah dilakukan, tetapi jika lebih banyak orang mempraktikkan perilaku ini, semakin sulit virus untuk terus menyebar. Dia menambahkan, itu tak berarti bahwa virus sudak tak ada dan tidak dapat ditularkan ke orang lain. Beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, serta beristirahat yang cukup. Agar kualitas dan manfaatnya tetap terjaga dan efektif, vaksin idealnya disimpan di tempat bersuhu dingin, yaitu kulkas atau kotak es dengan suhu sekitar 2–8o Celsius atau -15–5o Celsius.

Comments are closed.