Cara Mencegah Covid

Written by Iggy on June 26, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Sedangkan secara kultural upaya untuk mengurangi kerentanan terhadap bencana adalah dengan cara mengubah paradigma, meningkatkan pengetahuan dan sikap sehingga terbangun masyarakat yang tangguh. Mitigasi kultural termasuk di dalamnya adalah membuat masyarakat peduli terhadap lingkungannya untuk meminimalkan terjadinya bencana. Semua orang harus berusaha mengikuti informasi perkembangan tentang penyakit virus corona COVID-19. Orang berisiko tinggi sebaiknya tetap di rumah dan menghindari pertemuan atau kegiatan lain yang dapat membuatnya terpapar virus, termasuk melakukan perjalanan. Hindari menyentuh wajah karena mulut, hidung mata dapat menjadi pintu masuk virus. Cuci tangan pakai sabun saat tiba di rumah, tempat kerja atau sekolah, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet.

Pada tahap ini alam menunjukkan tanda atau signal bahwa bencana akan segera terjadi. Maka pada tahapan ini, seluruh elemen terutama masyarakat perlu memiliki kesiapan dan selalu siaga untuk menghadapi bencana tersebut. memberi penyuluhan serta pendidikan yang mendalam terhadap masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana.

Deretan cara atau langkah pencegahan virus corona atau Covid-19 mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker dan selalu menjaga jarak. Virus korona tipe baru menjadi pandemi yang menyebar dengan cepat ke berbagai negara. Hal ini mendorong pemerintah Indonesia melakukan upaya dan mengambil kebijakan penanganan virus korona.

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization terus memastikan masyarakat dunia mendapat informasi terbaru dan terpercaya. Mereka secara teratur memperbaharui informasi terkait epidemik COVID-19 di dunia. Lewat evaluasi tersebut, dipastikan semua faskes rujukan sudah memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap.

Namun, bila ada teman yang menjalani masa isolasi, maka membantu mereka berjuang. Jika Anda telah menerima suntikan COVID dan menderita akibat reaksinya, wajar untuk mencari solusi dan cara untuk meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Oleh karena itu, untuk membantu Anda melalui proses ini, beberapa dokter dan profesional medis menjelaskan tentang pentingnya menerima vaksin COVID, tetapi juga memberikan wawasan mengatasi berbagai efek samping vaksinasi. Jika dalam perjalanan Anda berinteraksi dengan orang yang mengalami gejala demam, batuk, sulit bernapas, atau mungkin jatuh sakit dengan gejala yang sama, agar segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Jika kamu termasuk ke dalam golongan tersebut, gak perlu memaksakan diri. Virus tidak akan menginfeksi jika kamu memiliki sistem imun yang kuat. Untuk sementara waktu, sebaiknya kita tidak pergi ke luar kota dan luar negeri.

Vaksinasi juga berperan penting bagi mereka yang rentan terinfeksi Covid-19, seperti lansia dan orang yang dengan komorbid atau penyakit yang mendasari. Saat ini, sebagian negara telah melakukan vaksinasi untuk meringankan gejala jika sewaktu-waktu terinfeksi Covid-19. Segera cuci tangan setelah menyentuh apa pun, termasuk menyentuh ponsel atau laptop computer. Apabila Anda sedang jauh dari air mengalir dan sabun, gunakan pembersih tangan dengan kadar alkohol minimal 60 persen. Dilansir dari Healthline, four Juni 2020, cucilah tangan Anda sesering mungkin menggunakan air hangat dan sabun antibakteri setidaknya selama 20 detik untuk menghilangkan kuman yang menempel di tangan dan telapak tangan. SARS-CoV-2 juga berkembang biak lebih cepat di dalam tubuh, meski pasien tidak memiliki gejala.

Berolahraga tidak selalu dilakukan di luar ruangan, orang tua pun bisa melakukan olahraga di dalam ruangan. Lakukan olahraga sederhana, seperti naik turun tangga, jalan-jalan di koridor dan halaman rumah Anda, atau olahraga yang menyenangkan, seperti menari, zumba, atau senam. Ajak anak-anak dan keluarga Anda untuk memulai aktivitas dengan berolahraga di pagi hari minmal 30 menit sehari.

Bagaimana cara memberantas Covid

Hingga kini, belum ditemukan vaksin yang dapat mengatasinya virus corona covid-19. Oleh sebab itu, sementara para peneliti melakukan rangkaian uji test vaksin yang dapat digunakan sebagai penawar virus, maka kita harus waspada dan menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari corona covid-19. Pembatasan fisik juga dilakukan dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan selalu menggunakan masker, terutama saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian. Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI. Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau lengan atas bagian dalam .

Terlebih manusia cenderung takut pada sesuatu yang belum diketahui dan lebih mudah menghubungkan rasa takut pada “kelompok yang berbeda/lain”. Inilah yang menyebabkan munculnya stigma sosial dan diskriminasi terhadap etnis tertentu dan juga orang yang dianggap mempunyai hubungan dengan virus ini. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Kesehatan tubuh merupakan tameng utama yang mampu menghindarkanmu dari penularan virus Covid-19.

Comments are closed.