Divaksin Dosis Kedua, James Sumendap

Written by Iggy on July 25, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Dengan tambahan vaksin tersebut, Menkes mengimbau masyarakat untuk segera mengikuti program vaksinasi agar terlindungi dari Covid-19 berikut varian barunya. Untuk mendukung program vaksinasi, pemerintah juga terus mengupayakan untuk mendatangkan vaksin baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku. “Dengan berjalannya program vaksinasi ini kita justru harus tetap menjalankan protokol kesehatan; mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” kata Menkes. Di mana, saat ini pun pemerintah terus mempercepat program vaksinasi, sehingga upaya pemulihan ekonomi nasional bisa tercapai.

Vaksin dari pemerintah

Cek jadwal vaksin COVID-19 juga bisa dilihat dari petunjuk teknis resmi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI. Bupati menerima vaksin dosis kedua ini tepat 60 hari sesudah menerima vaksin dosis pertama di RSU Mitra Sehat. Vaksin BCG atau Bacille Calmette Guerin adalah jenis vaksin yang dibuat dari basil tuberkulosis.

Kemudian akan menjadi aplikasi pendaftaran vaksin pemerintah dan mandiri, dan memetakan provide dan distribusi vaksin dengan lokasi vaksinasi. Sistem yang akan diintegrasikan ini juga akan memonitor hasil pelaksanaan vaksinasi. Honesti menambahkan jenis vaksin gotong royong juga berbeda dengan jenis vaksin pada program vaksinasi pemerintah. Holding BUMN farmasi, lanjut Honesti, telah melakukan proses komunikasi dan negosiasi dengan dua pengembang vaksin yakni Sinopharm dari China dan Moderna dari Amerika Serikat . Kementerian Kesehatan terus melakukan pemantauan dan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana calon penerima vaksin COVID-19 melakukan registrasi dan verifikasi knowledge. Apabila registrasi tidak dilakukan hingga batas waktu yang ditentukan, nantinya sasaran akan di information oleh petugas dari TNI maupun Polri untuk mengidentifikasi penyebab tenaga kesehatan tidak melakukan registrasi ulang.

Para pekerja yang memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas atau Kartu Izin Tinggal Tetap juga bisa menggunakan mekanisme vaksin gotong royong. Pemerintah juga terus mengupayakan mendatangkan vaksin baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku. Pemerintah telah mendatangkan three,eight juta vaksin AstraZeneca dan direncanakan akan datang lagi sebanyak 1,eight juta vaksin AstraZeneca, sehingga complete ada 5,6 juta vaksin yang diperoleh dari skema multilateral tersebut. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani mengatakan fasilitas layanan kesehatan belum bisa mengeluarkan harga acuan vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong. Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan telah memberikan persetujuan penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk vaksin COVID-19. Demikian penjelasan tentang cara mendapatkan vaksin Covid-19 free of charge dari pemerintah.

Karena vaksinasi terbatas akan menciptakan diskriminasi seperti yang sempat terjadi pada program bantuan subsidi upah. Pemerintah hingga Minggu (30/5) sudah memberikan 26,9 juta dosis vaksin untuk tahap satu dan dua. Dari jumlah total bahan baku tersebut, Erick meneruskan, maka PT Bio Farma, BUMN yang diberi tanggung jawab memproduksi vaksin, akan dapat memproduksi 75,9 juta dosis vaksin. Ia menyatakan bahwa sepanjang Mei pemerintah sudah menerima 3 kali kedatangan vaksin, baik dalam bentuk bahan baku maupun vaksin yang sudah jadi, dua kali dari Sinovac dan sekali dari AstraZeneca. Bandarlampung – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa vaksinasi bukanlah obat untuk COVID-19, namun upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat dari infeksi virus corona jenis baru itu. Kedatangan jutaan bahan baku vaksin ini merupakan kedatangan vaksin tahap ke-14 untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi Covid-19 di Tanah Air.

Verifikasi bagi peserta yang tidak melakukan verifikasi ulang, maka akan dilakukan oleh Satgas Penanganan COVID-19 di kecamatan. Karenanya ia berharap masyarakat berpartisipasi dalam tahapan vaksinasi yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 15 bulan mendatang. Lansia dan usia pralansia, menurutnya, juga memiliki risiko kesakitan dan kematian yang lebih tinggi dibandingkan kelompok usia lainnya sehingga perlu segera diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi. Sebenarnya, orang pertama yang berani melakukan uji coba vaksin adalah orang nomor 1 di Jawa Barat, yaitu Bapak Gubernur Ridwan Kamil.

Comments are closed.