Idi Sebut Vaksinasi Covid

Written by Iggy on July 21, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Pasalnya, berdasarkan data Dinkes Ponorogo, dari goal vaksinasi sebanyak one hundred ribu lansia, baru sekitar 4.000 lansia yang telah telah dilakukan vaksinasi Covid-19. Lansia yang berumur 60 tahun atau usia di atasnya dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya terhindar dari lima tanda kerapuhan. Penyuntikan vaksin akan dilaksanakan di dalam ruangan IGD non infeksius, dan observasi pasca vaksinasi untuk melihat kejadian ikutan pasca imunisasi , misalnya mengetahui apakah ada alergi atau tidak pada penerima vaksin. “Alhamdulillah, selama vaksinasi ini, KIPI sedang hingga berat tidak ada,” katanya.

Sebagai informasi, Kemkes memberi dua opsi bagi masyarakat lansia untuk mendaftarkan diri sebagai penerima vaksinasi tahap II, yaitu mendaftarkan diri pada website bagi yang ingin mengikuti vaksinasi di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sedangkan untuk yang ingin mengikuti vaksinasi massal, maka dapat mendaftarkan diri pada organisasi kemasyarakatan atau organisasi keagamaan yang bekerjasama dengan Kemkes dan dinas kesehatan setempat. Pada pelaksanaannya terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Untuk diketahui, terkait izin penggunaan darurat vaksin bagi lansia, BPOM juga telah mengeluarkan informasi yang dapat digunakan sebagai acuan bagi para nakes dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi. Hal ini penting mengingat kelompok lansia adalah kelompok berisiko tinggi sehingga pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati.

COVID-19 dapat menyerang segala usia, terutama warga lanjut usia , dikarenakan sistem imun mereka yang semakin menurun seiring pertambahan usia. Kemudian, Nadia juga mengatakan selama Ramadan, Kemenkes bakal mengupayakan untuk menjangkau masyarakat, terutama lansia melalui vaksinasi di masjid dan dilakukan pada malam hari. Di samping itu, persoalan keterbatasan pasokan vaksin makin membatasi masyarakat untuk divaksinasi. Karena pendaftaran dilakukan secara daring, ada kemungkinan para lansia tidak paham cara daftarnya, sehingga harus dibantu.

“Itu bukan sesuatu yang bisa kita terima, sehingga kita lakukan komunikasi dengan AstraZeneca. Jadi ada one hundred juta dosis vaksin yang sampai sekarang, menjadi tidak pasti jadwalnya,” kata Budi. Bisnis.com, JAKARTA – Dua bulan berjalan, termasuk dalam daftar yang diprioritaskan dan harus didahulukan, vaksinasi lansia tetap berjalan lambat. Berdasar hasil evaluasi bersama tersebut, maka pada tanggal 5 Februari 2021 Badan POM menerbitkan EUA vaksin CoronaVac untuk usia 60 tahun ke atas, dengan 2 dosis suntikan vaksin yang diberikan dalam selang waktu 28 hari. Konsentrasi antibodi terhadap bakteri ini sering kali menjadi berkurang saat beranjak dewasa, bahkan lansia.

Dikatakan Imam, pihaknya juga membuka layanan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di seluruh Puskesmas dan rumah sakit. Termasuk, pelayanan jemput bola bagi lansia yang hanya dapat beraktivitas di rumah. Setelah nakes di atas usia 60 tahun, giliran selanjutnya adalah vaksinasi bagi masyarakat di atas 60 tahun.

Cara door to door yang dilakukan petugas, untuk merayu lansia agar mau divaksin. “Bagi lansia yang tidak mau divaksin itu didatangi, mereka jemput bola dengan mendatangi rumah lansia,” ujarnya. Pada hari Minggu, petugas puskesmas tetap bertugas melakukan vaksinasi hingga larut malam.

Oleh karena itu, warga lansia mesti dibantu semua pihak agar dapat segera mengakses layanan vaksinasi. Kemudian jika memiliki riwayat kontak dengan orang yang terinfeksi Covid-19, orang yang akan divaksinasi harus bebas gejala. Kemudian kalau menjadi penyintas Covid-19, dia melanjutkan, pemerintah telah membuat ketentuan harus menunggu hingga 3 bulan kemudian baru bisa mendapatkan vaksin.

Vaksin bagi lansia

Menurutnya, pemerintah akan terus mengejar cakupan ini hingga bisa melindungi lansia secara maksimal dari virus Covid-19. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono memaparkan soal vaksinasi Covid-19 untuk lansia saat ini baru mencapai sixteen persen. Lanjutkan baca artikel ini dan artikel lainnya dengan daftar akun Kompas.id. Peserta mendaftar dengan mengunjungi tiga situs resmi yaitu , sehatnegeriku.kemkes.go.id, dan terakhir Di ketiga situs resmi tersebut, nantinya akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat dipilih oleh peserta. “Lansia merupakan kelompok rentan karena kekebalan tubuhnya pun menurun seiring bertambahnya usia,” kata juru bicara Satgas Covid-10 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 23 Februari 2021.

Dan sampai saat ini sudah terdata lebih dari 320 Kiyai dan Ibu Nyai yang meninggal karena COVID-19. Dengan adanya vaksinasi lansia ini, maka strategi ini harus segera dilaksanakan, karena ini akan sangat membantu,” terang dr. H. PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah telah memulai vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lanjut usia atau lansia yang berusia diatas 60 tahun.

Comments are closed.