Kabar Baik, Pasien Covid

Written by Iggy on July 4, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Shinta menjelaskan, bagi kalangan perusahaan yang tidak mempunyai kemampuan untuk membeli vaksin, sebaiknya menunggu vaksin gratis yang akan bergulir. Vaksin Gotong Royong memang menyasar perusahaan besar dan kecil yang mampu. “Makanya perusahaan merasa progam vaksinasi untuk karyawannya menjadi sangat penting. Harapan kami, tentu saja biaya yang akan dikeluarkan untuk vaksinasi ini bisa seminimum mungkin.

Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengatakan saat ini pemerintah masih belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong COVID-19 karena Bio Farma belum menemukan produsen yang sesuai. Rosan mengatakan, program vaksinasi mandiri dapat berjalan beriringan dengan program vaksinasi pemerintah. Ia memastikan program vaksinasi mandiri tidak akan mengganggu jalannya program vaksinasi pemerintah di fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah ditunjuk saat ini. SURYA.co.id | JAKARTA – Alasan Industri padat karya jadi prioritas pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi gotong royong. Sebab, industri padat karya menyerap lebih banyak tenaga kerja dibanding industri padat modal.

“Saya juga mendesak pemerintah memastikan tidak ada calo atau spekulan vaksin Corona,” tukas Bamsoet. Adapun harga vaksin nantinya akan ditentukan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, seperti diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. “Untuk 6.644 perusahaan ini sudah kami laporkan ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan ditaksir kebutuhan vaksinnya sebanyak 7,5 juta dosis,” ujarnya Sabtu (27/2). “Untuk dari pengadaannya harus melalui Biofarma, jadi Kadin ada perjanjian dengan Biofarma untuk pengadaan vaksinnya. Dan juga sudah mengusulkan beberapa perusahaan swasta yang membantu distribusi logistik chilly chain-nya,” kata Shinta.

Pemerintah menerima masukan dari masyarakat tentang biaya vaksin COVID-19 dan memutuskan bahwa vaksin COVID-19 akan diberikan gratis dan tanpa syarat. “Sehingga pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut,” katanya. dan vaksin harus ditetapkan pemerintah berdasarkan nilai keekonomisan dan kemampuan masyarakat sesuai standar yang sudah ditentukan,” katanya.

Dia menuliskan narasi bahwa infografis soal harga vaksin Covid-19 tersebut dapat menjadi sumber pengetahuan. Melalui keterangan resminya, PT Pertamin Bina Medika selaku holding yang menaungi RS Pelni menyatakan, daftar harga pelayanan vaksin Covid-19 itu benar dikeluarkan RS Pelni. Untuk lokasinya, vaksinasi ini akan dilakukan di fasyankes milik BUMN atau swasta yang memenuhi syarat pelayanan yang diatur. Diketahui perusahaan-perusahaan yang terlibat berada di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Untuk menjalankan program vaksinasi, Kadin menggandeng PT Kimia Farma Tbk dalam hal distribusi dan penyuntikan.

Harga vaksin mandiri

Jumlah tersebut untuk pembiayaan dua dosis vaksin dan juga seperangkat alat kesehatan sekali pakai yang dipakai dalam vaksinasi. “Jadi vaksin gotong royong atau mandiri akan dilakukan oleh BUMN Bio Farma. Dan mereka yang menentukan produsen mana yang digunakan,” kata Menkes di sela melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo Jawa Timur, Sabtu. Sebelumnya Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani menyebutkan bahwa ada 6.644 perusahaan yang telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam program vaksin gotong royong. Biaya vaksinasi mandiri tersebut untuk dosis dua kali vaksinasi dan peralatan kesehatan sekali pakai untuk proses vaksinasi. Mengutip dari kontan.co.id, pemerintah sudah menyiapkan dua jalur program vaksinasi Covid-19.

Comments are closed.