Kapan Waktu Terbaik Menerima Vaksin Covid

Written by Iggy on June 23, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

“Semua uji klinis dia publish dan terbuka. Ada 21 tim sat panel dan hampir 100 persen panelis dalam penentuan setuju karena output dari hasil uji klinis tersebut,” ucap Taruna. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan terus berjalan sampai kuartal I tahun 2022. Dengan total 181,5 juta penerima, Lutfi menyebut program vaksinasi ini bakal menjadi salah satu yang terbesar di tingkat world.

Penelitian juga mengatakan lebih dari 90% peserta telah mengembangkan antibodi penawar vaksin, dua minggu setelah menerima dosis kedua. Sinovac sekarang melakukan uji coba fase 2 pada orang dewasa lanjut usia dan kemudian akan melakukan uji coba pada anak-anak dan remaja. Para peneliti menyebut hasil awal uji klinis vaksin COVID-19 tersebut dapat menunjukkan perlindungan yang cukup. Sementara itu, CoronaVac dan empat vaksin eksperimental lainnya yang dikembangkan di China saat ini sedang menjalani uji coba tahap akhir untuk menentukan apakah benar efektif mencegah COVID-19. Perkembangan vaksin virus corona saat ini sedang berlangsung dengan sangat cepat. Hal ini memang perlu dilakukan mengingat jika pandemi ini berlangsung berkepanjangan, akan semakin banyak penduduk dunia yang dirugikan, tidak hanya dari segi kesehatan namun juga dari segi kehidupan lainnya.

Kondisi penurunan tersebut akan dibandingkan dengan mereka yang tidak divaksinasi pada kondisi optimal. Dilansir dari Pandemic Talks, ketika sebuah vaksin virus corona memiliki tingkat efikasi sebesar 90 persen, artinya tingkat kasus COVID-19 menurun hingga ninety persen pada uji klinis fase III dibandingkan relawan yang menerima plasebo. Permulaan uji coba ini mengikuti “hasil sementara yang positif” mengenai keamanan dan kemanjuran dari uji klinis fase 1 / fase 2, yang telah diserahkan ke medRxiv.

Harus diingat, perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi sehingga siapa pun yang sudah divaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan , sampai pandemi dinyatakan berakhir. Sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.

Jakarta – Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah memastikan vaksin COVID-19 yang digunakan dalam program vaksinasi merupakan vaksin terbaik bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, upaya ini juga harus disertai penerapan protokol kesehatan secara disiplin. Baik sudah divaksin maupun belum, setiap orang harus tetap menjalani protokol tersebut untuk mencegah penularan virus Corona. Cara kerja vaksin Sinopharm sama dengan vaksin Sinovac, yaitu memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi terhadap virus Corona menggunakan virus yang telah dimatikan. Efikasi vaksin dari Oxford-AstraZeneca tidak jauh berbeda dengan vaksin Sinovac.

Apa vaksin covid yang paling baik

Jika vaksin terbukti aman dan efektif, perusahaan akan mengantisipasi gelombang pertama vaksin COVID-19 yang akan tersedia untuk otorisasi penggunaan darurat pada awal 2021. Meski menggunakan bahan dasar yang sama, hasil uji klinis fase 3 vaksin Pfizer sedikit lebih tinggi daripada vaksin Moderna. Namun, terlepas dari perbedaan efikasi vaksin Moderna dan vaksin Pfizer, kedua vaksin COVID-19 ini secara umum memiliki tingkat keamanan dan efek samping yang hampir sama. Saat ini, kandidat vaksin virus corona dari perusahaan ini telah berhasil melewati tahap pertama uji klinis.

Fasilitas umum seperti bandara, pasar, stasiun, terminal dan lainnya perlu dilakukan disinfeksi secara rutin. Membersihkan peralatan yang sering disentuh tangan dengan desinfektan, seperti gagang pintu, gagang kulkas, pegangan tangga, hand telephone, meja, kursi dan lain-lain. Cuci tangan dengan sabun pada air mengalir menjadi faktor yang sangat penting untuk membunuh virus yang menempel di tangan. Mencuci tangan selama kurang lebih 20 detik perlu dibudayakan agar kita tidak tertulari dan tidak menulari.

Kini, kandidat vaksin virus corona dari akademi ini berhasil melewati tahap pertama uji klinis. Sinovac memulai uji coba fase 1 dan fase 2 yang melibatkan 743 orang dewasa sehat pada bulan April di provinsi Jiangsu, Tiongkok. Mereka memberi peserta dua dosis vaksin, dengan jarak dua minggu dan melaporkan bahwa vaksin tersebut tidak menyebabkan efek samping yang serius. Validasi ini menandakan vaksin yang ada dan disediakan pemerintah adalah vaksin terbaik. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan berbagai jenis vaksin, karena semua jenis vaksin baik untuk mencegah penularan COVID-19 dan telah melalui uji kualitas, keamanan, dan efikasi.

Comments are closed.