Menag Sebut Vaksinasi Upaya Pemerintah Lindungi Rakyat

Written by Iggy on July 26, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Walau beberapa jenis vaksin terbilang mahal, jangan khawatir Parents, karena ada imunisasi free of charge pemerintah untuk setiap anak Indonesia. Peserta BPJS PBI, yaitu penerima jaminan kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu. Kelompok ini menyasar 86,6 juta orang dan membutuhkan vaksin dua kali lipat dari jumlah orang, yakni 173,2 juta dosis.

Vaksin dari pemerintah

“Dengan berjalannya program vaksinasi ini kita justru harus tetap menjalankan protokol kesehatan; mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” pungkasnya. Dia menegaskan vaksin Covid19 tidak dapat seratus persen melindungi masyarakat dari virus ini sehingga tetap harus menjalankan protokol kesehatan. Tapi masyarakat juga perlu melakukan vaksinasi, karena setelah divaksinasi akan mengurangi kesakitan saat terpapar Covid-19. Selain itu, Bio Farma juga akan memproduksi sekitar 18 juta vaksin Sinovac pada bulan Mei ini.

Sehingga pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan terkait pemberian vaksinasi COVID-19, yang dituangkan dalam Perpres No. 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19. Lalu menghubungi penyedia layanan kesehatan jika kemerahan atau nyeri di tempat mendapat suntikan semakin parah setelah 24 jam. Jika mengalami ketidaknyamanan yang signifikan, CDC menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang penggunaan obat bebas seperti ibuprofen atau asetaminofen. Bagi yang tidak memiliki ponsel, cara mendapatkan vaksin Corona COVID-19 bisa dengan melakukan verifikasi melalui Babinsa/Babinkamtibmas.

Vaksinasi ini akan di prioritas di tujuh provinsi pulau Jawa dan Bali, hal ini dilakukan guna memaksimalkan target pelandaian kasus COVID-19 yang hampir 70 persen di antaranya dari Jawa-Bali.

Sehari menjelang proses penyuntikan vaksin Covid-19 kepada penerima pertama Presiden Joko Widodo, muncul berbagai pertanyaan di masyarakat terkait rendahnya efikasi CoronaVac, vaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech China. Pada uji klinis CoronaVac fase tiga di Indonesia, disebutkan bahwa efikasi vaksin mencapai sixty five,3 persen dengan imunogenisitas sebesar ninety nine,23 persen. Sedangkan, berdasarkan uji klinis vaksin tersebut di Brasil didapatkan efikasi sebesar seventy eight persen dan di Turki sebesar 91,25 persen. Saat dalam proses pendistribusian, vaksin disimpan dalam cold room, vaccine fridge, dan tempat penyimpanan vaksin lain yang sesuai dengan jenis vaksin Covid-19 pada suhu yang direkomendasikan.

Sementara Jepang menggratiskan vaksin kepada seluruh penduduknya yang ditetapkan dengan undang-undang yang menjamin Pemerintah Negeri Sakura itu menanggung semua biaya vaksin untuk 126 juta rakyatnya. Bahkan, Bangladesh pun mengumumkan membeli 30 juta vaksin Covid-19 yang akan dibagikan free of charge kepada masyarakat Bangladesh. Meskipun harga vaksin Covid-19 berbayar diklaim tetap terjangkau oleh masyarakat, pilihan Presiden Jokowi untuk menggratiskan seluruhnya merupakan langkah yang bijaksana. Hal tersebut selain menaikkan citra pemerintah di mata rakyat, juga menghindari potensi atau kemungkinan penyelewengan anggaran vaksin. Juga menutup peluang pengambilan keuntungan oleh pihak-pihak tertentu yang masuk dalam provide chain vaksin Covid-19. Nadia menambahkan bahwa dengan bertambahnya jumlah vaksin, maka pemerintah dapat memperluas sasaran vaksinasi terutama pada kelompok rentan dan usia pralansia 50 tahun ke atas.

Comments are closed.