Menkes Terbitkan Aturan Harga Vaksin Dan Tarif Pelayanan Vaksinasi Mandiri

Written by Iggy on July 4, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Sementara yang kedua, Jalur Mandiri yang menyasar masyarakat yang berusia tahun, ada sekitar fifty seven juta orang sasarannya vaksin corona atau Covid-19 dengan kebutuhan vaksin sekitar a hundred and fifteen juta dosis. Vaksin mandiri ini, masyarakat harus membayar sesuai dengan harga vaksin yang telah ditentukan oleh pemerintah. Dijelaskan juga, tarif maksimal pelayanan vaksinasi merupakan batas tertinggi atau tarif per dosis untuk pelayanan vaksinasi gotong royong yang dilakukan faskes milik swasta. Sesuai dengan Peraturan Presiden berkaitan dengan pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi COVID-19, IHC dan Grup RS di bawahnya tidak memiliki wewenang dalam pengadaan vaksin. Seluruh program vaksin adalah di bawah kewenangan Kementerian Kesehatan dan sampai saat press release ini diterbitkan belum ada peraturan resmi berkaitan dengan program vaksin mandiri.

Namun, sesuai dengan Peraturan Presiden terkait pengadaan dan pelaksanaan vaksin Covid-19, IHC dan grup rumah sakit dibawahnya termasuk RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin Covid-19. Sebelumnya, Juru bicara untuk Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi membuka peluang untuk mengatur batas maksimal harga vaksin corona. Beberapa rumah sakit diketahui sudah mulai membuka pendaftaran vaksinasi covid-19 berbayar. “Besaran tarif maksimal untuk pelayanan vaksinasi gotong royong ini akan ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan,” ujar Nadia. Permenkes tersebut mengatur bahwa vaksinasi gotong royong harus memakai vaksin berbeda dari vaksin Covid-19 di program pemerintah. Adapun vaksinasi pemerintah yang digelar free of charge memakai vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavac, dan Pfizer.

Harga vaksin mandiri

Bahkan program vaksinasi tersebut akan dilakukan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan swasta. Hal ini dilakukan karena adanya larangan pemerintah untuk menggunakan fasilitas kesehatan negara bagi pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong tersebut. Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengatakan saat ini pemerintah masih belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong COVID-19.

Alasan Industri padat karya jadi prioritas pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi gotong royong. Diketahui hingga saat ini, pemerintah telah menyiapkan 500 ribu dosis vaksin Sinopharm dari kontrak 7,5 juta. Selain Sinopharm, sambung Airlangga, vaksin gotong royong juga akan menggunakan vaksin merek Cansino yang dipersiapkan hingga 5 juta dosis.

Sekretaris Daerah Kepri TS Arif Fadillah berharap harga Genose diturunkan separuh dari Rp forty ribu menjadi Rp 20 ribu. Selanjutnya, tenaga kesehatan penerima vaksinasi diminta mengirimkan 6 angka terakhir Nomor Induk Kependudukan untuk mendaftar dan tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi. Meskipun Singapura telah menerima sekitar 200 ribu dosis Sinovac, vaksin tersebut belum disetujui oleh Health Sciences Authority .

Khusus untuk Vaksin Gotong Royong, spesifikasi produk dan harga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah. Vaksin Moderna harus diberikan 2 dosis, dengan penyuntikan masing-masing dosis memiliki interval four pekan. Agar bertahan lama vaksin ini harus disimpan dengan suhu minus 20 derajat Celcius.

Para tenaga kesehatan juga dapat mengecek nama mereka di situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar, sasaran diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan data diri ke email Layanan ini bertujuan untuk mempermudah penerima vaksinasi COVID-19 melakukan registrasi dimana pun. Sementara ini registrasi melalui WA tersebut hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

Selain biaya vaksin COVID mandiri yang perlu diketahui, terkait jadwal dimulainya vaksin juga akan dibahas. Tepat hari ini (18/5), vaksin COVID mandiri melalui program vaksinasi gotong royong mulai dilakukan. Biaya vaksin COVID mandiri melalui skema program vaksinasi gotong royong sudah resmi ditetapkan pemerintah. Berbeda dengan vaksin yang diberikan pemerintah secara cuma-cuma, vaksin ini akan ditanggung pihak pengusaha.

Comments are closed.