Pendaftaran Vaksin Gotong Royong Covid

Written by Iggy on June 29, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

“Semua itu tentu akan kami knowledge dan nantinya akan diverifikasi oleh pemerintah,” kata dia. Menurut dia, terdapat ribuan perusahaan yang sudah menyatakan mendukung program itu.

Selain Sinovac, Novavax, Astrazeneca, Pfizer, dan Moderna, pemerintah lewat Bio Farma juga memesan vaksin Johnson & Johnson. Saat ini, Bio Farma sedang mempersiapkan produksi vaksin Merah-Putih yang 100 percent dibuat di dalam negeri. Adalah tugas pemerintah untiuk memastikan bahwa vaksin ini yang disuntikkan adalah vaksin asli,” jelas Menkes. Menkes memberi contoh tentang BBM bersubsidi, di mana selama ini premium bocor ke pihak yang tidak berhak karena sama-sama dijual di SPBU. “Silakan lapor ke pihak berwenang jika diminta membayar. Siapapun masyarakatnya, vaksin Covid-19 tetap gratis,” ungkapnya. Hal tersebut dibenarkan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Shinta W Kamdani.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Pemerintah juga akan melakukan screening untuk pemberian vaksin mandiri pada orang di rentang usia tahun karena keterbatasan vaksin. Vaksinasi mandiri juga telah mendapatkan izin dari pemerintah, vaksinasi ini disebut sebagai vaksinasi Gotong Royong. Dalam hal ini bukan berarti kita dapat membeli sendiri vaksin tersebut, namun biaya vaksin sepenuhnya ditanggung oleh suatu perusahaan atau instansi tertentu. Dalam pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong, pihak pelaksana harus berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota setempat. Pemerintah memiliki target yang telah ditentukan dalam pendistribusian vaksin ke masyarakat. Terdapat 107 juta penduduk Indonesia yang akan menjadi prioritas vaksin Covid-19.

Proses vaksinasi sendiri diharapkan dapat dimulai pada April menyusul kedatangan vaksin mandiri pertama yang diperkirakan tiba pada Maret tahun ini. Tidak ada orang yang ingin terinfeksi virus corona di masa pandemi ini. Namun, bila ada teman yang menjalani masa isolasi, maka membantu mereka berjuang.

Pemerintah melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin resmi menerbitkan aturan terkait vaksinasi Covid-19 jalur mandiri. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 pada Rabu, 24 Februari 2021. Bagi masyarakat yang termasuk golongan di atas, bisa melakukan pengecekan knowledge atau registrasi ulang hingga jadwal vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.id. Untuk itu, GridHEALTH.id merangkum beberapa cara untuk mendapatkan vaksin Covid-19 free of charge dari pemerintah. Menunggu konfirmasi dari pihak rumah sakit apabila vaksin sudah tersedia. Kadin mencatat sedikitnya 3,5 juta orang akan menjalani imunisasi mandiri dalam program Vaksinasi Gotong Royong.

Comments are closed.