Profil Vaksin Sinopharm & Moderna Yang Akan Dipakai Vaksin Mandiri

Written by Iggy on July 4, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

“Persentase relawan untuk antibodinya saat uji klinis netralisasinya adalah 99,fifty two persen pada orang dewasa dan a hundred persen pada lansia,” imbuhnya. “Apabila perusahaan belum memiiki faskes untuk tempat penyuntikan, bisa menggunakan fasyankes yang berada di lingkungan holding BUMN farmasi seperti imunicare, jaringan laboratorium milik Kimia Farma,” imbuhnya. Kami akan menjaga informasi yang akurat dan terkini, namun Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi. Silakan verifikasi informasi kartu kredit, dan tingkat suku bunga selama proses aplikasi.

Mundur dari goal awal yakni November, kemudian direvisi Desember, program vaksinasi corona itu bisa berjalan Januari 2021. Dimana, proses ini diatur dalam aturan teknis vaksinasi gotong royong yang diterbitkan Kementerian Kesehatan dan merupakan aturan turunan dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021. Sebelumnya, Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani menyebut vaksin Sinopharm untuk program Vaksinasi Gotong Royong atau vaksinasi mandiri rencananya disuntikkan mulai 9 Mei mendatang. “Perusahaan yang berpartisipasi dalam vaksinasi gotong royong bisa menerima harga tersebut dan Kadin siap untuk mendukung pelaksanaannya,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani, Minggu. Dalam diktum kedua aturan tersebut, disebutkan harga pembelian vaksin dalam poin di atas merupakan harga tertinggi vaksin per dosis yang dibeli oleh badan hukum/badan usaha, dan sudah termasuk keuntungan 20%.

Harga vaksin mandiri

Selain itu, juga ada komitmen vaksin dari Cansino sebanyak 5 juta dosis untuk vaksinasi mandiri. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 pasal 23, besaran tarif maksimal vaksinasi gotong royong ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Biaya vaksinasi gotong royong yang dilaksanakan fasilitas pelayanan swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Kali ini harga vaksin yang pertama digunakan yakni vaksin Sinopharm telah terungkap.

Pemerintah bisa memberikan harga yang paling baik lah untuk perusahaan,” ucap dia. Dia menyebut, pemulihan ekonomi banyak tergantung dari pengendalian Covid-19, di mana hal itu membutuhkan vaksinasi. Makanya kami mau secepatnya, tapi kami harapkan paling lambat Mei ini benar-benar bisa berjalan,” kata Shinta. Seiring dengan itu, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W Kamdani menerangkan, Kadin menutup sementara pendaftaran vaksinasi mandiri, karena menunggu kepastian dari Bio Farma. Pemerintah diharapkan tidak mengabaikan faktor kondisi ekonomi masyarakat saat ini.

Selain itu, pelaksanaan vaksinasi mandiri harus dilakukan oleh perusahaan dengan menggandeng fasilitas kesehatan swasta. Maka itu, vaksinasi gotong royong tidak akan dilaksanakan di fasilitas kesehatan milik pemerintah. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menetapkan batas harga vaksin yang dilakukan pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta. Aturan menegaskan swasta wajib membeli vaksin mandiri ke pemerintah atau BUMN. Vaksin free of charge akan diberikan kepada peserta BPJS kesehatan dan vaksinasi mandiri kepada masyarakat berpenghasilan tinggi.

Comments are closed.