Pusat Informasi & Koordinasi Covid

Written by Iggy on July 6, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Jika, gejalanya hilang dan hasil telah negatif, ujar Diah, pasien kemudian akan dipulangkan. Pemeriksaan pembuktian pun kata Diah dapat dilakukan dengan cepat. “Tapi bisa , terbukti yang sakit sudah ribuan tapi yang meninggal kan sedikit. Jadi dia tetap sebuah virus yang bisa disembuhkan,” katanya.

Bagi Renni Femy SR, menjaga keluarga dari ancaman virus corona telah ia coba lakukan dengan berbagai daya upaya. Namun ternyata, sang suami yang sudah beberapa lama kembali aktif bekerja di kantor, dinyatakan terkena COVID-19. Menjaga kesehatan tubuh juga merupakan hal yang sangat penting, karena virus covid 19 ini diketahui lebih mudah menyerang orang dengan kondisi kesehatan tubuh yang sedang menurun. Maka dari itu, giat melakukan olahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar. Namun perlu diingat untuk melakukan olahraga di dalam ruangan saja. Tangan menyentuh banyak permukaan dan virus mungkin menempel di sana.

Namun, WHO secara aktif terus mengikuti pengetahuan yang terus berubah mengenai penggunaan masker dan terus memperbarui panduannya. • Tetap ikuti informasi terbaru dari sumber terpercaya, seperti WHO, dinas kesehatan daerah, dan kementerian kesehatan. Dinas kesehatan daerah dan kementerian kesehatan adalah sumber terpercaya dalam memberikan arahan kepada masyarakat di wilayahnya tentang apa saja yang harus dilakukan untuk melindungi diri. • Jika Anda demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segeralah cari pertolongan medis dan tetap memberitahukan kondisi Anda terlebih dahulu. WHO merekomendasikan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Jarak ini merupakan ukuran umum tentang seberapa jauh semua orang harus saling menjaga jarak walaupun mereka baik-baik saja tanpa diketahui terpajan COVID-19 atau tidak.

Oleh sebab itu, apa pun hasil fast test Anda, konsultasikan dengan dokter agar dapat diberikan pengarahan lebih lanjut, termasuk perlu tidaknya mengonfirmasi hasil tes tersebut dengan tes PCR. Untuk memastikan apakah gejala-gejala tersebut merupakan gejala dari virus Corona, diperlukan speedy take a look at atau PCR. Untuk menemukan tempat melakukan fast test atau PCR di sekitar rumah Anda, klik di sini.

Di rumah sakit, dokter kadang-kadang akan menggunakan antibiotik untuk mencegah atau mengobati infeksi bakteri sekunder yang dapat menjadi komplikasi COVID-19 pada pasien yang sakit serius. Antibiotik hanya boleh digunakan sesuai dengan anjuran dokter untuk mengobati infeksi bakteri. Saat berbelanja bahan makanan, jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain dan tidak menyentuh mata, mulut, dan hidung Anda.

Terapkan etika batuk dan gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu buang tisu ke tempat sampah. Untuk menentukan apakah pasien terinfeksi virus Corona, dokter akan menanyakan gejala yang dialami pasien. Dokter juga akan bertanya apakah pasien bepergian ke wilayah endemik virus Corona sebelum gejala muncul. Orang yang memiliki gejala demam dan batuk disertai dengan riwayat kontak erat atau pernah berada kurang dari dua meter dengan pasien yang sudah positif Covid-19. Dalam menghadapi pandemi COVID-19, upaya mitigasi awal berawal dari deteksi dini orang-orang yang terinfeksi virus corona. Di samping menjaga daya tahan tubuh, Anda perlu tetap menerapkan protokol kesehatan, baik selama menunggu giliran untuk divaksin maupun setelah mendapatkan vaksin.

Langkah tepat jika terkena Covid

Pastikan para lansia sadar pentingnya menyimpan persediaan makanan dan obat-obatan untuk waktu yang lebih lama daripada biasanya. Bantu mereka yang memiliki keterbatasan gerak untuk berbelanja persediaan ini. Kebanyakan orang (sekitar 80%) akan pulih sendiri dari COVID-19 tanpa memerlukan perawatan khusus.

Comments are closed.