Sukseskan Vaksinasi Covid

Written by Iggy on July 20, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

“Kalau hari ini ada 141 lansia yang disuntik vaksin. Sebelumnya Tiga hari lalu pendaftaran kita trial. Perbaikan terus berjalan. Setelah terdaftar, kami kirim ke Kemenkes, selanjutnya kami panggil mereka untuk divaksin,” papar Hargiyanto. Sebelum vaksinasi, warga dihimbau mendaftarkan keluarganya yang lansia untuk ikut vaksinasi melalui website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen. Setelah itu lansia akan menerima SMS notifikasi dan penjadwalan vaksinasi beserta lokasi Fasilitas Kesehatannya. “Sejauh ini untuk lansia diprioritaskan karena risiko bagi lansia yang terpapar Covid-19 lebih tinggi dibandingkan selain dari tenaga kesehatan,” ungkap Bupati. Selama menjalani proses skrining, lansia wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dengan menerapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi maupun interaksi. Pastikan juga lansia telah melakukan pendaftaran dengan dua pilihan prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mendapatkan vaksinasi.

Ia menyatakan, jajarannya menggunakan cara door to door atau langsung dari rumah ke rumah untuk memasifkan vaksinasi bagi lansia. “NU sudah siap membantu sosialisasi vaksin, termasuk kami juga bisa mendampingi, dengan usulan kami bisa ada in the future care companies. Dengan tujuan agar lansia yang divaksinasi bisa selesai dalam satu hari,” ujar dr. Makky Zamzami. Pemberian vaksin Sinovac ini adalah jenis vaksin in-aktif , yaitu virus atau bakteri yang dimatikan dengan suhu panas, atau bahan kimia dan perlu dilakukan pengulangan seperti halnya vaksin flu. Kuesioner RAPUH merupakan akronim dari Resistensi, Aktivitas, Penyakit, Usaha Berjalan, dan Hilang Berat Badan. Terdapat sejumlah pertanyaan yang bertujuan mengetahui kondisi fisik, terutama bagi lansia sebelum menerima vaksinasi.

Menurut Penny, persetujuan penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia di Indonesia berawal dari fakta bahwa angka kematian akibat COVID-19 pada usia lanjut relatif tinggi. Oleh karena itu, lansia perlu menjadi prioritas penerima vaksin virus corona. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada tahap 2 untuk pelaksanaan vaksinasi bagi Lansia dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi untuk Lansia akan dimulai di ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia, di prioritaskan di Jawa – Bali. Kondisi berbeda, kata perempuan yang memiliki gelar dokter gigi ini, terjadi pada hari pertama vaksinasi dimulai. Dalam video tersebut, masyarakat lanjut usia yang hendak divaksin terlihat mengantre hingga di luar area rumah sakit.

Pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga Windu Purnomo menilai keputusan BPOM memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 bagi lansia sudah tepat. Menurutnya, program vaksinasi yang bertujuan untuk mengendalikan pandemi memang seharusnya memiliki prioritas, apalagi vaksin yang digunakan tidak bisa diperoleh secara serempak. Bahrain menjadi negara di kawasan Teluk berikutnya yang mencatatkan kuota tinggi vaksinasi corona dengan 17,eight per a hundred orang. Registrasi vaksinasi di negara kecil berpenduduk sekitar 1,6 juta orang itu dilakukan menggunakan aplikasi cellular. Vaksinasi menggunakan dua jenis vaksin dalam program ini, yakni vaksin buatan Sinopharm dan buatan BioNTech-Pfizer.

Begitu juga tenaga kesehatan yang bertugas, mereka pun turut dilengkapi dengan penutup kepala dan pakaian alat pelindung diri . Di kedua laman tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Untuk saat ini sasaran vaksinasi covid19 adalah petugas pelayanan publik dan lansia. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat vaksin Sinovac buatan Cina saat memulai kampanye vaksinasi massal di Ankara pertengahan Januari silam. Saat ini kuota vaksinasi di Turki mencapai sekitar 11 dari 100 warga di negara dengan populasi 82 juta orang itu.

Vaksin bagi lansia

Ia menyebutkan, pertanyaan pertama adalah apakah kesulitan menaiki 10 anak tangga, misalnya merasakan terengah-engah. Setelah diklik, keluarlah formulir pendafataran yang harus diisi sesuai kolom yang sudah tersedia. Seorang warga lansia mengangkat jempol saat menjalani penyuntikkan vaksin COVID-19.

Menurut dia, tidak ada efek samping serius maupun kematian yang dilaporkan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Menurutnya, tidak ada efek samping serius maupun kematian yang dilaporkan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Pada pelaksanaannya, terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat, baik di Puskesmas maupun rumahsakit milik pemerintah dan swasta.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Meifendi mengatakan, sosialisasi dilakukan meliputi mekanisme pendaftaran hingga teknis pelaksanaan vaksinasi. “Untuk peserta yang masuk tahap dua tetapi belum terdaftar, masih bisa melakukan pendaftaran. Bagi Anda warga Bandung, bisa mendaftar melalui link Bandung.kemkes.go.id.

Sebabnya, jika mengalami gejala sakit, maka vaksinasi tidak bisa dilakukan. “Jadi BPOM tepat sekali mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk lansia ya. Dan itu mestinya dulu-dulu kalau bisa, tapi ya cuman kan bukti ilmiahnya mungkin belum ada ,” kata Windu kepada DW, Selasa (9/2).

Comments are closed.