Tata Cara Masuk Jalur Mandiri Vaksinasi Covid

Written by Iggy on June 29, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

“Itu kita fasilitasi jadi tidak akan ada orang yang tidak mendapat vaksin karena tidak bisa mengakses. Siapapun, apakah punya smartphone, atau tidak punya smartphone, akan difasilitasi maksimal untuk melakukan vaksinasi,” pungkas Soleh. “Untuk yang sudah terdaftar nantinya akan dipanggil oleh fasilitas kesehatan, dikonfirmasi sebelumnya melalui telepon, untuk dipastikan benar-benar sehat,” tuturnya. Lansia yang berumur 60 tahun atau usia di atasnya dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi. Walaupun begitu, Rosye mengatakan, tidak semua lansia dapat divaksin. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya terhindar dari lima tanda kerapuhan.

Program ini akan dijalankan bersamaan dengan program inokulasi nasional. Khusus untuk vaksin bantuan pemerintah, terdapat masyarakat yang mendapatkan prioritas. Mereka adalah anggota TNI/Polri, tenaga kesehatan, dan penegak protokol kesehatan lainnya. Masyarakat yang di luar latar belakang itu, diharapkan untuk bisa masuk dalam jenis vaksin mandiri. Untuk pelaksanaannya, Vaksinasi Mandiri dilakukan melalui kerja sama antara badan hukum atau badan usaha dengan Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik masyarakat/swasta.

Jokowi menyadari bahwa vaksinasi di Indonesia membutuhkan waktu lama karena ada 70 persen atau 182 juta penduduk yang harus divaksin. Meskipun begitu, vaksin yang diberikan pemerintah akan diberikan secara free of charge. Tetapi karena besarnya minat perusahaan untuk berpartisipasi, batas waktu pendaftaran diperpanjang hingga 17 Februari 2021 mendatang. Setelah itu, dua minggu berikutnya penerima vaksin akan menerima suntikan kedua dengan proses yang sama.

Proses vaksinasi di Jakarta sudah berjalan sejak 15 Januari 2021 lalu. Pelaksanaannya dibagi menjadi empat tahapan berdasarkan skala prioritas penerima vaksin Covid-19. Selang waktu antara pemberian suntikan vaksin dosis pertama dengan suntikan dosis kedua adalah 14 hari. Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang belum tahu apakah mereka sudah terdaftar sebagai penerima vaksin atau belum. Bagi Anda warga Bandung, bisa mendaftar melalui link Bandung.kemkes.go.id.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

Sasaran penerima vaksinasi gotong royong adalah karyawan/karyawati dari seluruh perusahaan yang ada di Indonesia. Kemudian distribusi dan penyuntikkannya dilakukan oleh Bio Farma dan pihak swasta agar tidak membebani fasilitas kesehatan yang digunakan untuk melakukan vaksinasi gratis. Perusahaan yang ingin ikut membiayai pembelian vaksin untuk diberikan kepada karyawan dan keluarga karyawan dapat mengisi formulir pendataan program vaksinasi gotong royong ini, paling lambat 21 Mei 2021.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, warganya yang berhak menerima vaksin Covid-19 diKota Bekasi, nantinya akan menerima pesan singkat. Pesan tersebut berasal dari pemerintah pusat, berisi tautan yang di dalamnya berisi kolom terkait data diri calon penerima vaksin secara free of charge tersebut. Kebutuhan vaksin untuk warga berusia di atas 18 tahun sebanyak 188 juta orang. Dengan asumsi dua kali suntik plus 15%, maka total kebutuhan 426 juta dosis.

Comments are closed.