Tiga Dampak Pandemi Covid

Written by Iggy on March 15, 2020 in Perkonomian with no comments.

Negara-negara di dunia kini ramai-ramai masuk ke pasar utang untuk menutup defisitnya. Pada 26 Mei lalu Singapura mengumumkan stimulus keempat bernilai 23,2 miliar dolar AS untuk menyokong ekonominya. Bersama dengan stimulus tersebut, Singapura juga akan menggelontorkan 70,four miliar dolar AS untuk membantu pebisnis dan rumah tangga dalam mengatasi dampak pandemi. Pasca berakhirnya wabah Covid-19, perekonomian world diprakirakan kembali meningkat pada 2021 menjadi three,7 persen, lebih tinggi dari prakiraan sebelumnya 3,four persen.

Akibat dari Pandemi

Pada saat yang sama, mahalnya biaya tenaga kerja tidak diimbangi oleh kemampuan tenaga kerja untuk mengadopsi teknologi dalam proses produksi di perusahaan. Padahal hal ini menjadi tren international dengan berkembangnya otomasi dan industri 4.0, termasuk kelak pascapandemi berakhir. Dengan adanya pembatasan pelayanan publik menjadi sedikit berkurang benefit yang diperoleh masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik. Akan tetapi, masyarakat tetap mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik, dan masyarakat mempunyai peran dalam pengawasan terhadap pembatasan pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik. Peran masyarakat sesuai dengan Undang-undang adalah, untuk mengawasi jalannya pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Konsil yang beranggotakan pakar terkemuka di bidang ekonomi dan pakar kesehatan ini akan bekerja agar konsep kesehatan untuk semuadapat menjadi pola pikir utama dalam membentuk sistem nilai sosial dan pertumbuhan ekonomi. Direktur Jenderal WHO pada September 2020 menyatakan bahwa ekonomi international akan dapat kontraksi triliunan dolar Amerika Serikat pada 2020. Banyak negara memberi berbagai paket stimulus ekonomi, tetapi investasi besar ini tidak menghilangkan akar masalahnya. Yaitu penyakit dan pandemi yang amat membebani sistem kesehatan, mendisrupsi ekonomi dan menimbulkan kekhawatiran yang meluas serta ketidakpastian situasi.

Tindakan-tindakan untuk pengaktifan kembali ekonomi harus mengikuti pendekatan yang kaya pekerjaan, didukung oleh kebijakan dan lembaga ketenagakerjaan yang lebih kuat, sistem perlindungan sosial dengan sumber daya yang lebih baik dan menyeluruh. Koordinasi internasional mengenai paket stimulus dan tindakan pembebasan utang akan menjadi penting dalam menjadikan proses pemulihan efektif dan berkelanjutan. Standar-standar ketenagakerjaan internasional, yang telah disepakati secara tripartit, dapat menjadi kerangka kerja. Menteri Keuangan Indonesia telah berkoordinasi dengan sejumlah institusi seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keungan , Lembaga Pinjamin Simpanan serta Komite Stabilitas Sistem Keungan . Ketiga stimulus yang diberikan berpengaruh terhadap beragaman sektor yang ada di masyarakat. Pertama, stimulus fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarkat seperti pembebasan sementara pajak pengahsilan atau PPh pasal 21 selma 6 bulan untuk industri pengolahan.

Diakui Maulana Yusran, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia , kondisi industri pariwisata saat ini lebih berat dari tahun 2020 sebelumnya. BUMN yang bergerak di bidang jasa perhotelan tersebut harus merasakan turunnya tingkat hunian kamar hotel Pragmatic Slot pada tahun 2020 lalu hingga 67% dari 2019. Sementara itu, pendapatan negara mengalami kenaikan sebesar 9,31 persen yoy dibandingkan dengan tahun lalu.

Comments are closed.