Vaksin Corona Untuk Lansia, Ibarat Jas Hujan Di Kala Hujan Lebat

Written by Iggy on July 20, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Oleh sebab itu, dibutuhkan vaksinasi booster untuk efek perlindungan lebih lama. Berangkat dari temuan tersebut, pemerintah Indonesia telah menyetujui pemberian vaksin Sinovac untuk lansia. Kalau tenaga kesehatan risikonya tinggi karena sering dan banyak terekspos virus. Kalau lansia didahulukan karena risikonya tinggi, kalau terkena, kemungkinan fatalnya besar,” ungkap Menkes Budi Gunadi Sadikin beberapa waktu lalu dikutip dari laman Setkab. Lansia sehat yang dimaksud adalah lansia yang belum pernah terinfeksi virus Corona, tidak dalam keadaan demam atau flu, tidak memiliki alergi vaksin, dan tidak ada kontak dengan orang yang terinfeksi virus Corona. Izin ini dikeluarkan oleh BPOM karena vaksin Sinovac sudah menyelesaikan uji klinis yang melibatkan ± four hundred orang lansia sehat .

Berdasarkan uji klinis yang telah dilakukan, vaksin Sinovac sudah terbukti aman dan efektif pada lansia. Efikasi vaksin Sinovac untuk lansia pada uji klinis ini bahkan mencapai 98%. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada Tahap 2 dengan target kelompok Lanjut Usia dan Pekerja Publik.

Di Indonesia, pemberian vaksinasi herpes pada lansia berusia 50 tahun ke atas sangat dianjurkan untuk mencegah komplikasi. Kedua vaksinasi tersebut idealnya dilakukan kepada setiap orang dewasa sejak usia lebih dari 18 tahun. Untuk hepatitis A diberikan dalam dua dosis, sementara hepatitis B diberikan dalam tiga dosis. Penyakit ini banyak ditemukan pada mereka yang tinggal di panti jompo atau tempat penampungan, dan lansia dengan penyakit kronis. Atas dasar itulah, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia, dan Centers for Disease Control and Prevention mengeluarkan rekomendasi jadwal vaksinasi untuk dewasa dan lanjut usia. Melakukan studi klinis setelah persetujuan guna memastikan efektivitas vaksin dalam pencegahan infeksi virus corona.

Vaksin bagi lansia

Penny menuturkan, BPOM mendukung upaya FKUI untuk ambil bagian dalam uji klinis yang bersifat internasional ini. Vaksin yang diberikan antara dua kategori usia ini sama yakni Sinovac dengan dosis zero,5 ml IM yang dimasukkan ke dalam otot melalui suntikan. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri Streptocossus pneumoniae atau lebih Anda kenal dengan sebutan kuman pneumokokus. Dengan vaksin ini, Anda bisa mencegah pneumonia (infeksi paru-paru), meningitis , dan sepsis . Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Sebanyak 1.007 warga Lansia telah mendapat vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, Jakut.

Biasanya, reaksi akan terjadi karena penerima vaksin tidak mengetahui bahwa sistem kekebalan tubuhnya rentan terhadap komponen vaksin. Sebelum lansia menjalani vaksin, mereka wajib melakukan konsultasi pada dokter lebih dahulu. Liputan6.com, Jakarta Penelitian menyebutkan efek samping dari vaksinasi COVID-19 pada lanjut usia sejauh ini tidak terlalu parah, efek vaksinasi pun dapat diminimalisasi dengan berbagai cara. Warga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Rusminah , menjadi warga lansia pertama yang menerima vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, Sabtu 20 Februari 2021. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan mannequin baru pelaksanaan vaksinasi bagi lansia agar mereka nyaman untuk segera disuntik. Model baru pelaksanaan vaksinasi yang sudah berjalan berupa sentra vaksinasi.

Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk lanjut usia akan selesai selama dua hari. “Hal-hal ini yang akan kita coba buat upaya-upaya untuk membantu lansia dalam mengakses pusat vaksinasi yang ada,” imbuh Nadia. Sebagian penderita herpes mengalami gejala yang disebut neuralgia pasca-herpes . Kondisi ini ditandai dengan nyeri parah yang berlangsung lama meskipun lesi sudah sembuh. Oleh karena itu, vaksin pneumonia sangat direkomendasikan untuk diberikan pada lansia.

Orang tua yang hendak memperoleh vaksin hanya harus menjaga kesehatannya dan selalu menjalankan gaya hidup sehat. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Pelaksanaan tahap kedua vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat lansia tengah dilakukan di beberapa wilayah Jakarta Utara. Sebanyak 250 Lansia di Kramat Jati mengikuti vaksinasi tahap pertama di SMP 281 Jakarta Timur. Kelurahan Sunter Agung berkolaborasi dengan Puskesmas Tanjung Priok terus melakukan pelayanan vaksin bagi masyarakat lansia yang dilakukan di SMA Negeri forty one. Taspen sebagai BUMN Asuransi Sosial terbesar di Indonesia yang setiap harinya mengurus Pensiunan Aparatur Sipil Negara sangat tergerak untuk mendukung acara vaksinasi lansia.

Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Wali Kota Bandar Lampung meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat lanjut usia , Rabu (2/5). Geriatri.id–Kelompok lanjut usia menjadi prioritas sejumlah negara di dunia untuk vaksinasi COVID-19. Di Indonesia, vaksin Corona Sinovac yang sedang menunggu izin penggunaan darurat menyasar untuk rentang usia 18 sampai 59 tahun. Menurut Avy, antrean disebabkan karena masyarakat lanjut usia tersebut belum paham cara mendaftar vaksinasi secara online sehingga terjadi antrean yang mengular. Penduduk lanjut usia itu langsung mendatangi RSUD Kembangan dengan membawa KTP untuk mendaftar program vaksinasi Covid-19.

Comments are closed.