Vaksin Sinovac Dan 5 Vaksin Corona Ini Masuk Daftar Penggunaan Darurat Who

Written by Iggy on July 21, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Menurut Jokowi, selain vaksin dalam bentuk jadi, Indonesia akan mendatangkan vaksin dalam bentuk bahan baku curah, yang selanjutnya akan diproses oleh Bio Farma. Dengan ketersediaan vaksin ini, presiden berharap upaya untuk mencegah meluasnya wabah Covid-19 dapat segera dilakukan. Berdasarkan laporan Reuters, Singapura memutuskan untuk menghentikan sementara penggunaan dua vaksin influenza sebagai tindakan pencegahan akibat kabar dari Jorea itu.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku program vaksinasi di Indonesia terganggu embargo vaksin India. Dia mencatat jumlah vaksin yang diterima Indonesia beberapa bulan ke belakang lebih sedikit dari yang diperkirakan sebdlumnya. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, pihak pemerintah menggenjot produksi vaksin Sinovac yang diproses Bio Farma.

Australia dan Selandia Baru mengatakan bahwa mereka juga akan mengirim pesawat untuk membawa pulang warganya. Kasus virus corona secara international meningkat jadi hampir 6.000 kasus infeksi, melebihi wabah SARS pada 2002 yang menewaskan sekitar 800 orang. 7 Januari 2020, para ilmuwan Cina mengumumkan telah mengidentifikasi virus corona jenis baru yang menjadi penyebab serangkaian infeksi pernapasan di Wuhan. Sama seperti flu biasa dan SARS, virus tersebut juga termasuk dalam keluarga coronavirus. Hal ini menjadi peluang, bahwa industri vaksin di Indonesia prospektif, karena pengembangan vaksin tidak akan berhenti produksi selain kebutuhan pandemi, juga untuk memenuhi kebutuhan Kesehatan masyarakat Indonesia yang berjumlah 270 juta jiwa.

Pada 2 Desember 2020, NHS menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 produksi Pfizer-BioNTech di Inggris. Lalu, pada 11 Desember 2020, FDA menyetujui penggunaan darurat vaksin Covid-19 produksi Pfizer tersebut di AS. Sementara itu, pemerintah Indonesia telah memesan sekitar 143 juta dosis vaksin Sinovac dengan total 1,2 juta dosis vaksin masuk ke Tanah Air pekan lalu. Vaksin tersebut kini disimpan di gudang PT Bio Farma di Bandung dan menunggu BPOM untuk memberikan lampu hijau untuk penggunaan darurat vaksin sebelum dapat memulai vaksinasi. Awal Januari, Bio Farma akan menyampaikan laporan sementara yang berisi bukti efikasi, imunogenisitas, dan keamanan vaksin tersebut kepada BPOM untuk membantu memastikan otorisasi penggunaan. Selain itu, pemerintah juga akan memastikan tersedianya fasilitas rantai dingin untuk menjaga stabilitas vaksin dan telah mempersiapkan petugas kesehatan sebagai tenaga vaksinator.

Vaksin dapat menangani Covid

Menyadarkan masyarakat bahwa masih banyak orang di luar sana yang sangat membutuhkan berakhirnya masa pandemi. Terlebih, kabar vaksinasi bagi tenaga medis dan pahlawan garda terdepan lainnya seakan mampu memberikan suntikan pengaruh. Tidak hanya itu, ketatnya protokol kesehatan di tengah tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup kian mencekik banyak kalangan. Hal ini kian diperparah dengan labilnya pemerintah dalam menjalankan kebijakan pembatasan sosial.

Comments are closed.