Wali Kota Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid

Written by Iggy on July 23, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Ia berharap agar nakes atau masyarakat yang telah dijadwalkan untuk mendapat vaksin dapat memiliki untuk berkontribusi. Menurutnya tak perlu merasa ragu dan cemas terhadap vaksin COVID-19 karena hal itu dilakukan sebagai bentuk ikhtiar dalam melawan virus tersebut. Jika biasanya ketika disuntik kita dapat merasakan jarum yang masuk ke dalam tubuh kita, namun hal itu tidak saya rasakan sama sekali. Setelah disuntik, saya ke ruang observasi untuk menunggu reaksi dari vaksin yang masuk ke dalam tubuh saya. Setelah disuntik dan menunggu selama 30 menit, saya tidak merasakan gejala apa-apa pada tubuh saya.

Untuk penyakit lain yang tidak disebutkan dalam format penapisan ini dapat berkonsultasi kepada dokter ahli yang merawat. Disarankan saat mendatangi tempat layanan vaksinasi dapat membawa surat keterangan atau catatan medis dari dokter yang menangani selama ini. “Kehadiran itu harus diterjemahkan dengan upaya kita untuk deteksi, merespons, dan mencegah jangan masuk ke Indonesia. Tetapi seiring memburuknya krisis kesehatan di India, Pemerintahan Narendra Modi memutuskan untuk membatasi ekspor vaksin. Selain itu, vaksin yang sudah dipesan negara lain banyak yang dialihkan untuk kebutuhan domestik.

Vaksin dapat menangani Covid

“Namun, itu tidak berarti bahwa orang yang kebal tidak dapat membawa virus dan menularkannya ke orang lain jika mereka terpapar,” ucap Abunasser. KOMPAS.com – Proses penyuntikan vaksin Covid 19 sudah dilakukan di Indonesia.

Apabila berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam , vaksinasi ditunda sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19 dan dilakukan screening ulang pada saat kunjungan berikutnya. Mulai 13 Januari 2021, vaksinasi Covid-19 untuk mengatasi pandemi telah dimulai. Lantas berikutnya diikuti oleh para menteri kabinet, Kapolri, PTNI, pimpinan lembaga negara/pemerintahan, tokoh-tokoh agama, pimpinan organisasi kemasyarakatan, kepala daerah, hingga pedagang sayur. Namun hanya dalam waktu kurang dari sebulan, situasi di negara tersebut berbalik 180 derajat. Pihak berwenang kembali mencatat sekitar 1.000 korban jiwa per hari pekan ini. Rumah sakit dan petugas kesehatan lagi-lagi kewalahan menangani pasien virus korona.

Penyebaran infeksi yang tidak terkendali menyebabkan penelitian seputar penularan virus corona melalui airborne digencarkan. Terdapat beberapa kemajuan penanganan virus corona di tahun lalu yang cukup melegakan. Dengan pemahaman masyarakat yang baik terhadap vaksin, upaya untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity akan lebih mudah. Dengan vaksinasi, yang selanjutnya diharapkan terbentuk kekebalan kelompok, aktivitas sosial ekonomi diharapkan bisa kembali pulih.

Jika tidak, hal ini akan menjadi bencana karena akan memungkinkan virus untuk terus beredar sehingga memperpanjang pandemi. Pada 1 Februari, AstraZeneca dan mitra akademisnya di Universitas Oxford melaporkan hasil penelitian Tahap 3 atau tahap akhir vaksin mereka. Vaksin terbuat dari adenovirus yang dilemahkan yang menyebabkan infeksi pada simpanse, yang dimodifikasi untuk membawa instruksi genetik untuk membuat protein virus Covid-19. Protein ini memicu sistem kekebalan manusia untuk membuat antibodi terhadap protein virus, yang, jika orang yang divaksinasi kemudian terinfeksi virus, dapat menghalangi virus Covid-19 yang sebenarnya untuk menempel dan menginfeksi sel. Tapi tak semua vaksin bekerja dengan cara itu, dan sebenarnya dua vaksin Covid-19 yang disahkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS — diproduksi Moderna dan Pfizer-BioNtech, tak dirancang dengan cara kerja tersebut. Kemanjuran dua vaksin ini diukur dari bagaimana mereka melindungi orang dari penyakit Covid-19 sedang sampai parah – bukan bagaimana mereka mencegah infeksi atau mencegah penyebaran virus corona sendiri.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung. Mari ketahui apa saja manfaat vaksin COVID-19 dan siapa yang perlu lebih dulu mendapatkannya. Dalam peninjauan tersebut, tampak Wali Kota Aminullah menyempatkan berdialog dengan vaksinator maupun dengan peserta vaksinasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Menutup keterangannya, Menko meminta dukungan masyarakat untuk ikut menyukseskan program vaksinasi yang dilakukan pemerintah.

Comments are closed.