Wiku Tegaskan Vaksin Covid

Written by Iggy on July 22, 2020 in Efek dari vaksin Covid with no comments.

Bagaimanapun juga, separah apa pun polemiknya, Indonesia harus bangkit dari pandemi. Pasalnya, saat artikel ini ditulis sudah lebih dari seven-hundred ribu orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mau tidak mau, Indonesia harus berpikir bagaimana cara terbaik untuk bisa mengembalikan siklus ekonomi, kehidupan, kesehatan, dan keamanan seperti sedia kala.

Dengan tujuan meningkatkan rasio kesembuhan, mulai 4 November obat penanganan Covid-19 ini sudah didistribusikan ke 34 dinas kesehatan provinsi dan 779 rumah sakit di seluruh Indonesia. Fase II merupakan uji keamanan, efek samping, hingga kemampuan vaksin dalam memicu respons imunitas dengan jumlah subjek yang lebih banyak, antara four hundred hingga 600 orang. Sukarelawan dalam fase ini memiliki karakteristik yang sama, misalkan umur atau jenis kelamin, sebagai sasaran vaksin. Terdapat berbagai percobaan dalam fase ini untuk mengavaluasi tiap karakteristik kelompok sukarelawan dan berbagai formulasi vaksin.

Hal tersebut dilakukan untuk memicu sistem imun tubuh, sehingga ada imunitas terhadap suatu penyakit tertentu. Para ilmuwan dan peneliti mencoba cara terbaik untuk mengembangkan vaksin yang efektif dengan beberapa tahap uji coba. Banyaknya kandidat vaksin yang telah ditetapkan pemerintah bertujuan untuk memastikan kebutuhan vaksin dalam negeri tercukupi. Nantinya, vaksinasi akan diberikan secara bertahap, dalam memprioritaskan kelompok prioritas untuk menerima vaksinasi. Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat COVID-19. Saat ini, vaksin COVID-19 tengah didistribusikan ke seluruh masyarakat Indonesia.

Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews. Masyarakat juga diimbau untuk melakukan deteksi dini gejala penyakit Covid-19. Upaya ini sangat membantu meringankan gejala agar tidak makin berat nantinya. Sebagai contoh, varian virus Corona baru ditemukan di Inggris yang saat ini musim dingin. Namun, virus ini juga ditemui di Australia dan Singapura yang kondisinya berbeda dari Inggris.

Vaksin dapat menangani Covid

Diramalkan, di tahun 2021 makin banyak calon vaksin COVID-19 yang bisa digunakan untuk melindungi masyarakat. Terkait manfaat vaksinasi, berdasar penjelasan di situs covid19.go.id, edukasi publik menjadi masalah yang perlu dilakukan. Untuk mencapaiherd immunity,minimal 70 persen penduduk dalam suatu negara harus sudah divaksin. “Kalau kita melihat persentase kasus positif dalam seminggu terakhir, amat serius karena 20% risiko penularan meningkat. Saya tak bisa bayangkan kalau virus Inggris masuk ke Indonesia,” ujar Zubairi. Benyamin mengatakan orang membuat vaksin dengan berbagai macam cara, dan terdapat teknik yang baku dan sudah lama terjadi, yaitu dengan mematikan virus tersebut. Ketika virus itu mati, kemudian partikel-partikel dari virus tersebut, terutama adalah dari protein-protein yang hancur.

Ada 2 jenis vaksin influenza suntik, yaitu vaksin trivalent dan vaksin quadrivalent. Sementara itu, pemerintah tidak boleh sekadar mengandalkan vaksin dan beranggapan bahwa vaksinasi dapat mengatasi seluruh masalah di pandemi. Di mana menurut ahli epidemiologi Universitas Airlangga, Dr dr Windhu Purnomo MS, pemerintah juga harus memperkuat pelacakan dan pengetesan guna mendeteksi kasus positif sebanyak mungkin. Ia meyakini, tindakan ini penting untuk memutus rantai penularan secepat mungkin. Data survei Kemenkes menunjukkan, terdapat sixty four,eight persen responden yang bersedia melakukan vaksinasi Covid-19.

Dari fakta-fakta di atas, bisa kita lihat bahwa vaksin COVID-19 membawa banyak manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi banyak orang. Oleh sebab itu, meskipun banyak beredar isu-isu seputar vaksin yang belum jelas kebenarannya, Anda tidak perlu ragu atau takut untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Saat ini, jumlah vaksin yang tersedia di Indonesia masih belum cukup untuk diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia sekaligus.

Comments are closed.